no klik kanan

Selasa, 22 Oktober 2013

Lampu Jalan Tenaga Surya Segera Terpasang

Distakot Janji Awasi Ketat 

JB Mailangkay
Manado, KM -
Proses lelang pengadaan lampu jalan bertenaga surya atau solar cell di Kota Manado berbandrol Rp26 Milyar, sekarang sedang berlangsung melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Solar Cell merupakan program Pemerintah Kota (Pemkot) Manado untuk menghemat pemakaian listrik pada lampu jalan.
Meski demikian, Dinas Tata Kota (Distakot) Manado sebagai instansi berwenang selama menunggu proses lelang selesai, telah memiliki gambaran teknis mengenai pemasangan 600 lebih titik lampu atau 800 lebih mata lampu jalan, yang akan terpasang di jalan-jalan protokol di seluruh wilayah Kota Manado. 
Kepala Distakot Manado JB Mailangkay, yang ditemui Koran Manado di ruang kerjanya, Selasa (21/10), menjelaskan pihaknya telah melakukan pengecekan pada beberapa pabrik solar cell di pulau Jawa. Rata-rata produksi mereka berkualitas serta dijamin hemat energy dan ramah lingkungan.
“Memang bagus produksi mereka, kita dating langsung ke pabrik ada yang di Cikarang. Bahkan, mereka memberikan garansi selama 1 tahun. Sehingga, jika lampu tenaga surya ini digunakan di Manado pasti sangat menguntungkan,”ujar Mailangkay.
Menyangkut manfaat yang diperoleh dengan adanya lampu jalan bertenaga surya ini, menurut Mailangkay, disamping bisa menghemat pembayaran listrik dan melakukan efisiensi, juga mengurangi dampak pemadaman massal yang sering terjadi di Manado.
"Kalau menggunakan tenaga surya, kita tidak memakai jaringan listrik. Karena yang terpasang ini masing-masing. Jadi kalau ada yang lampu yang mati atau korslet, tidak mati semua, tetapi hanya lampu itu yang kita perbaiki,”tukasnya.
Rencananya, sampai akhir tahun 2013 ini, seluruh lampu jalan sudah terpasang karena dananya telah tertata dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Perubahan Kota Manado tahun 2013.
“Mudah-mudahan dalam waktu dekat, kita sudah mendapatkan perusahaan yang akan menangani pemasangan lampu jalan ini,”pungkas Mailangkay, seraya berjanji untuk mengawasi ketat pemasangan lampu jalan tersebut.(jan torindatu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar