no klik kanan

Kamis, 28 Februari 2013

Walikota Minta Pengertian Masyarakat Tepi Sungai


Megaproyek Revitalisasi DAS Tondano Segera Dimulai
REVITALISASI pembangunan tanggul sepanjang DAS Tondano
akan mulai dilaksanakan tahun 2013 ini.(Foto: jan/KM)

Manado, KM
Pasca terjadi musibah banjir dan tanah longsor di Kota Manado, Walikota Manado GS Vicky Lumentut terus berupaya melakukan lobi di pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan. Hasilnya, tahun 2013 ini pemerintah pusat mengucurkan dana sekira Rp200 miliar lebih untuk proyek revitalisasi sungai Tondano.
Dimana, megaproyek yang dikerjakan mulai dari daerah hilir kali Jengki sampai jembatan Kairagi itu, akan membebaskan lahan warga sejauh 10 meter dari bibir sungai. Olehnya, Walikota meminta peran Lurah dan Camat di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano, untuk memberikan pengertian kepada masyarakat. Apalagi, proposal pembangunan itu telah disetujui Kementerian Pekerjaan Umum (PU).
"Sudah ok pembuatan tanggul sepanjang DAS Tondano, dari pasar Bersehati ke jembatan Kairagi dari Kementerian PU melalui dana JICA sebesar 200 miliar,"ujar Walikota, Kamis (28/2).
Lebih lanjut dikatakan Walikota pilihan rakyat ini, Kementerian PU meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Manado untuk membebaskan tanah di samping kiri dan kanan, minimal 10 meter dari tepi sungai Tondano, untuk dibuatkan tanggul dan jalan.
Sesuai rencana, dalam waktu dekat Walikota akan ke Jakarta untuk melaporkan jumlah bangunan yang akan dibebaskan dalam proyek tersebut.
Selain itu, Walikota akan mengkonsultasikan lokasi atau tempat-tempat yang akan dibuatkan jembatan khusus untuk pejalan kaki dan kendaraan roda dua.
"Saya harapkan dukungan warga yang akan kena dengan proyek ini, karena dengan terbangunnya tanggul ini, warga yang selama ini selalu dilanda banjir akan terlindungi,"tandas Walikota.
Selain DAS Tondano, tandas Walikota, sungai lainnya seperti sungai Sario, sungai Bailang dan sungai Sawangan, juga akan dibuatkan tanggul pada bagian yang rendah, yang airnya selalu meluap saat banjir.
"Dua tiga tahun ke depan, akan ada panorama baru di Kota Manado, jika sungai sudah direvitalisasi,"pungkas Walikota.(jan torindatu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar