no klik kanan

Rabu, 31 Oktober 2012

Polhut Bolsel Amankan Puluhan Kubik Kayu Ilegal

Molibagu,KM –
Petugas Polisi Kehutan (Polhut) Dinas Kehutanan, Kabupaten Bolmong Selatan (Dishut Bolsel), Rabu (31/10) kemarin berhasil mengamankan satu kendaraan truk bermuatan puluhan kubik kayu siap pakai, tanpa disertai dokumen lengkap di Kecamatan Pinolosian.
Kayu berbagai jenis itu rencananya akan dibawa keluar Bolsel dan akan dijual dengan harga tinggi kepada para cukong di luar daerah. Kayu hasil tangkapan tersebut sekarang telah di amankan di kantor Dishut untuk di proses.
Kadishut Bolsel, Drs Indra Damopolii ME saat dihubungi mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan kepala desa dalam meminimalisir pencurian kayu di Bolsel. Bahkan, Pemkab bersama Pemprov, Kementerian Kehutanan dan Polda Sulut terus melakukan koordinasi bersama.
‘’Koordinasi ini akan terus menerus dilakukan. Agar pembalakan liar dan penebangan kayu di hutan Bolsel tidak terjadi lagi,”ujarnya.
Disamping itu kata Damopolii, pihaknya akan melakukan koordinasi dan sosialisasi dengan masyarakat dan instansi terkait, guna memperkecil kerusakan hutan.
“Termasuk pembukaan lahan di area rawan banjir. Nantinya pembukaan lahan akan melibatkan Badan Lingkungan Hidup (BLH) untuk memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat,”jelasnya.
Dia juga mengatakan, nantinya aka nada sanksi tegas kepada oknum-oknum pembalakan liar dan perambahan hutan illegal di wilayah Bolsel.
“Kita akan memberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku, dan temuan akan ditindak lanjuti dengan proses hukum bersama tim terpadu pengamanan hutan Provinsi Sulut. sebab ini sudah sesuai hasil rapat  pada Selasa tanggal 30 Oktober lalu di Polda Sulut bersama tim yang dipimpin Wagub, Kapolda dan Kadis Kehutanan Provinsi,’’tegas Damopolii.(Tox)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar