no klik kanan

Rabu, 31 Oktober 2012

Posumah Menduga Pemprov Penyebabnya

25 Persen DAU Bolmut Ditahan Kemenku
Drs Recky Posumah
Boroko, KM –
Akibat laporan pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2011 terlambat dimasukan, Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar 25 persen akhirnya ditahan oleh Kementerian Keuangan (Kemenku) untuk dicairkan ke Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut).
“Iya, informasi bahwa kucuran DAU 2013, sebesar 25 persen masih di tahan untuk 52 Kabupaten/Kota, termasuk Bolmut, ternyata benar adanya,”ujar Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Bolmut, Aang Wardiman AK.
“Dananya belum 100 persen di kucurkan, baru 75 persen dari total DAU yang ada,”tambah Wardimana.
Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut, Drs Recky Posumah sebelumnya mengatakan bahwa, DAU untuk Bolmut tidak ditahan oleh Kemenkeu, akhirnya diluruskan. Menurutnya, informasi itu belum sepenuhnya diketahui.
“Informasi ini, saya baru tahu dan ternyata benar DAU Bolmut masih di tahan 25 persennya,”kata Posumah.
Ditanyakana apakah hal tersebut terkait dengan keterlambatan Pemda Bolmut memasukan Laporan Pertangungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD 2011? Posumah mengatakan, hal tersebut bukan akibat kelalaian Pemda Bolmut.
“Bolmut selalu tepat waktu mengirimkan LPP APBD TA 2011, kemungkinan Pemerintah Provinsi yang terlambat memasukan LPP sejumlah daerah di Sulut,”tandas Posumah.
Diketahui, DAU untuk Bolmut, totalnya Rp 288 Miliar lebih. Namun belum seutuhnya di kucurkan, dimana 25 persennya masih di tahan, jadi untuk totalnya DAU Bolmut berkisar Rp 277 Miliar yang bisa di realisasikan.(Santo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar