no klik kanan

Rabu, 24 Oktober 2012

Temuan Tim Investigasi Pemkot di SPBU


PENGISIAN BBM jenis solar kendaraan di Kota Manado
ternyata ada yang melebihi kapasitas normal.(Foto: ilustrasi)

Tangki Kendaraan Modifikasi, Tampung 400 Liter Solar
Manado, KM
Adanya laporan masyarakat terkait ulah oknum karyawan Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) yang memperjualbelikan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dengan jumlah besar, kepada pemilik kendaraan modifikasi tangki minyak, ternyata bukan sekedar isapan jempol.
Faktanya, melalui tim investigasi Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menemukan salah satu kendaraan jenis truk memiliki volume tangki minyak yang tidak normal, karena telah dimodifikasi bisa menampung sedikitnya 400 liter solar, sedang melakukan pengisian BBM di salah satu SPBU di Manado.
“Temuan dilapangan, ada kendaraan jenis truk yang telah direkayasa tangkinya sedang mengisi di SPBU Kairagi. Kendaraan tersebut rupanya dalam sehari telah bolak-balik di SPBU tersebut hingga 4 kali, dan herannya tangkinya bisa menampung 400 liter solar. Itu memang benar sesuai kecurigaan kami selama ini,”ungkap Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Manado, Drs Helmy Bachdar, Rabu (24/10).
Menurutnya, sesuai data dari Pertamina, stok BBM jenis solar untuk Kota Manado cukup bahkan melebihi kuota. Sehingga, dalam kondisi normal dipastikan tidak akan terjadi kelangkaan seperti sekarang ini.
“Itu sesuai dengan data yang kami peroleh dari pertamina. Tapi pada kenyataanya di setiap SPBU kerap terjadi kelangkaan, sehingga terjadi antrian panjang, dan imbasnya pada gangguan pada arus kendaraan. Kecurigaan adanya permainan di SPBU itu sendiri, kami peroleh dari Pertamina, sehingga kami melakukan uji petik dilapangan, dan ternyata benar,”jelas Bachdar.
Sementara, Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan yang dimintai tanggapannya menegaskan, dirinya berharap ada aksi dari pihak kepolisian.
“Dugaan awal yang kami peroleh dari Pertamina memang kita langsung bentuk tim untuk mengecek langsung di SPBU-SPBU di wilayah Manado. Temuannya benar, sehingga ini patut di telusuri oleh pihak aparat kepolisian. Karena kelangkaan solar sudah meresahkan masyarakat dan jelas mengganggu, untuk itu perlu ada ketegasan,”pungkas Wawali, kemarin.(jan torindatu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar