no klik kanan

Jumat, 09 November 2012

Dosen Unsrat Juara Karya Tulis di Perancis

Joy Elly Tulung, dosen Fakultas Ekonomi Unsrat memperlihatkan
hadiah yang dia peroleh pada lomba di Perancis. 
Manado, KM
Dosen Fakultas Ekonomi Unsrat yang kini tengah melanjutkan studi di Perancis, ternyata mampu mensejajarkan diri dengan sejumlah mahasiswa asal Indonesia yang juga sedang menuntut ilmu di negara tersebut.
Terbukti, Joy Elly Tulung, Dosen Fakultas Ekonomi Unsrat yang sementara menyelesaikan program Doktor di SKEMA Business School, salah satu Universitas ternama di Perancis, mampu meraih juara kedua pada lomba Karya Tulis antar pelajar/mahasiswa Indonesia yang ada di Perancis.
Kegiatan yang digelar oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Perancis itu, dilaksanakan saat Konferensi Nasional 2012, dengan tema Transformasi Sosial, yang mengambil tempat lomba di kota tertua di Perancis yaitu Marseille, mulai tanggal 3-4 November 2012.
Konferensi ini diadakan atas bantuan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Marseille serta disponsori perusahaan Perancis Total dan Deloitte serta Bank Indonesia
Data yang diterima Koran Manado menyebutkan, dalam lomba ini dibagi tiga kategori yaitu social dan humaniora, teknik dan sains, serta bisnis dan ekonomi. Hasilnya, jumlah paper yang masuk ke panitia sebanyak 39 judul, dan yang lolos sebagai finalis sebanyal 14 paper.
Untuk final yang diadakan di Marseille setiap peserta mempresentasikan paper mereka dihadapan dewan juri yang berjumlah 4 orang, dengan disaksikan Konjen Indonesia di Marseille Adrianna Mala serta perwakilan dari KBRI Paris Arifi Saiman.
Menariknya, saat lomba digelar sekitar 100 orang dari berbagai perwakilan PPI di seluruh wilayah Prancis seperti dari Paris, Marseille, Nantes, Lille, Compiegne, Lyon, Bordeaux, Montpellier ikut hadir.
Dari penilaian serta presentasi yang dilakukan, dewan juri pun memutuskan, Joy Elly Tulung yang membawa hasil karya dengan judul “Pengaruh Keberagaman Top Management Team (Dewan direksi dan Dewan Komisaris) terhadap kinerja BPD se-Indonesia”, berhasil jadi terbaik kedua pada kategori Bisnis dan Ekonomi dan mendapat uang pembinaan sebesar 200 Euro, sementara Lita Barus, dosen Universitas Indonesia yang kuliah di Université de Technologie de Compiègne meraih juara pertama dan mendapat hadiah 300 Euro, untuk pemenang ketiga direbut Arditya Chandra (IUT Calais) mendapat hadiah 100 Euro.
Dalam keterangan via emailnya kemarin, Joy Elly Tulung dosen Fakultas Ekonomi Unsrat ini menyebut kemenangan ini juga menjadi kebanggaan buat Sulawesi Utara. “Kebetulan memang dari Sulut yang ikut lomba ini hanya saya sendiri, memang sempat risih juga tapi atas tuntunan Tuhan saya bisa berhasil menjadi pemenang kedua, ini juga saya persembahkan buat Fakultas Ekonomi Unsrat,” ujar suami dari Shintya Lonteng ini.
Dalam komunikasi tersebut, Joy juga menyebut dirinya sementara mempersiapkan paper yang nantinya akan dipresentasikan disejumlah konferensi yang akan diadakan di berbagai Negara di Eropa, karena itu sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan studi doctoral di SKEMA Business School. Meski agak berat namun ayah dari Ezra, Gamaliel, Jireh dan Seraphine, tetap yakin dan optimis dia bisa melakukannya. “Intinya tetap yakin dan menyerahkan semuanya kepada Tuhan serta banyak berdoa,” kata Joy.(tim km)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar