no klik kanan

Senin, 21 Oktober 2013

Pelatihan Jurnalis Pemuda, Peserta Cukup Antusias

DPD KNPI Minahasa

Tondano, KM-
Pelaksanaan Pelatihan Jurnalis Pemuda yang digelar Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Minahasa bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut, hari pertama Senin (21/10), di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tondano, sukses.
Meski waktu pelaksanaan pembukaan sedikit molor dari waktu yang telah ditentukan sebelumnya, yakni pukul 10.00 wita, dan baru dibuka pada pukul 11.00 wita oleh Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, namun para peserta yang mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh KNPI Minahasa dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda, tanggal 28 Oktober 2013 nanti, cukup antusias pengikuti kegiatan ini.
Para peserta yang kebanyakan siswa SMA/SMK sederajat ini, terus memperhatikan dan mengikuti tahapan dan sesi-sesi pelaksanaan Pelatihan Juarnalis Pemuda, di hari pertama ini dengan sangat baik.
Menurut Wabup Minahasa Ivan Sarundajang, selaku pemerintah yang konsen dengan kegiatan-kegiatan kepemudaan di Minahasa, pihaknya sangat mendukung program dari KNPI Minahasa yang melaksanakan pelatihan tersebut.
“Karena ini merupakan pengambangan kualitas dari sumber daya manusia yang ada di Minahasa, khususnya para pemuda yang ada. Kegiatan ini juga merupakan suatu bukti bahwa pemuda di Minahasa tidak hanya berlengah-lengah dalam menyikapi perkembangan masa sekarang ini, yang serba teknologi dan informasi merupakan suatu yang telah menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat moderen saat ini,” kata Sarundajang, sekaligus membuka pelaksanaan Pelatihan Jurnalis Pemuda KNPI Minahasa tersebut.
Sebelumnya, Ketua KNPI Minahasa Jemmy Ringkuangan AP MSi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalis yang merupakan bagian dari kegiatan akbar KNPI Minahasa yang bertemakan “Gebyar Pemuda” ini, akan dijadikan agenda rutin kegiatan dari KNPI Minahasa sebagai suatu bentuk pembangunan pemuda di Minahasa yang lebih berkualitas dan berdaya saing.
“Ini juga merupakan suatu pembentukan karakter SDM Pemuda Minahasa agar menjadi pribadi yang siap pakai di bidang penyampaian informasi bagi masyarakat atau sebagai jurnalis. Sebab, profesi jurnalis atau wartawan ini, merupakan profesi yang mulia dan dapat mengangkat taraf ekonomi masyarakat, khususnya generasi muda yang mandiri,” terangnya.
Di hari pertama Pelatihan Jurnalis Pemuda KNPI Minahasa ini, para peserta yang mencapai jumlah 50-an orang ini, diberikan materi Kode Etik Jurnalis yang menghadirkan narasumber Sekretaris PWI Sulut, Voke Lontaan pada sesi yang pertama. Dan materi Dasar-Dasar Jurnalistik yang merupakan teknik-tehnik dasar pembuatan berita oleh Wakil Ketua Bidang Informasi Komunikasi Publikasi dan Hubungan antar Lembaga KNPI Minahasa, Ronald Rompas SKom, yang didampingi oleh sejumlah Wartawan Biro Minahasa yang tergabung dalam Pers Minahasa (Pers-Min).
Turut hadir juga dalam pelaksanaan Pelatihan Jurnalis Pemuda KNPI Minahasa hari pertama ini, Ketua PWI Sulut Drs Joutje Kumayas, Ketua Majelis Pemuda (MPI) Minahasa Erik Mingkid dan jajaran pengurus KNPI Minahasa. Pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan hingga hari ini, Selasa (22/10).(onal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar