no klik kanan

Senin, 21 Oktober 2013

Reklamasi Boulevard Dua tak Seperti Boulevard Satu

Lebih Tertata dan Ramah Lingkungan

Vicky Lumentut
Manado, KM -
Rencana reklamasi pantai boulevard dua di bagian utara Manado, akan lebih baik dibandingkan reklamasi yang dilakukan pengembang di boulevard satu. Pasalnya, selain tidak mengganggu keberadaan terumbu karang dan biota laut, juga kajian lingkungan serta penataan lokasi yang lebih terarah dan terpadu, sehingga tidak menimbulkan masalah lingkungan.
Walikota Manado GS Vicky Lumentut menandaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado akan belajar dari pembangunan reklamasi boulevard satu yang banyak kekurangannya serta berdampak pada lingkungan, agar tidak terjadi lagi saat reklamasi tahap dua dikerjakan.
“Kita tidak akan menutup kemungkinan untuk ada reklamasi pantai di wilayah utara Manado. Nantinya, pembangunan reklamasi itu akan memperhatikan lingkungan serta ditata lebih baik lagi dibandingkan reklamasi boulevard satu yang sampai saat ini masih menimbulkan masalah seperti banjir,”tukas Walikota.
Lanjut dikatakan Lumentut, Pemkot telah merancang pola kawasan reklamasi di bagian utara Manado dengan baik. Sehingga, tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.
“Sebelum dilakukan reklamasi, akan dibangun dulu drainase yang mengarah ke laut, supaya tidak menimbulkan banjir seperti yang terjadi di boulevard satu,”tukas Walikota, seraya meminta dukungan masyarakat untuk rencana tersebut.
Jika nantinya, reklamasi serta jalan boulevard dua sudah jadi, tambah Walikota, kawasan utara Manado akan semakin berkembang. Apalagi, jika jembatan Soekarno yang menghubungkan boulevard satu dan dua telah selesai dikerjakan.
“Saya berharap kedepan bagian utara Manado akan semakin berkembang dan maju. Sehingga, tidak ada lagi dekotomi utara tengah selatan. Pembangunan Kota Manado akan merata di seluruh wilayah Kota Manado,”pungkas Walikota.(jan torindatu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar