no klik kanan

Jumat, 18 Oktober 2013

Tugas Guru Membina dan Mendidik Siswa


Ernst Kairupan SPd MM
Manado,KM—
Sebagai guru yang profesional tugas kita adalah membina dan mendidik anak didik di sekolah dengan tulus dan penuh bijaksana. “Orangtua menitipkan anak mereka kepada sekolah, berarti tugas kita untuk membimbing, membina dan mendidik mereka agar kelak bisa menjadi anak yang berguna bagi Nusa dan bangsa,” kata Kepala SMPN 7 Manado, Ernst Kairupan SPd MM, kepada wartawan, Jumat (18/10).
Terkait dengan adanya guru yang sering ‘dendam’ kepada siswa karena perlakuan siswa yang mungkin mengecewakan guru tersebut. Kairupan berharap, tidak boleh terjadi hal demikian. Jika terjadi di lingkungan SMPN 7 Manado, maka saya akan memberi sanksi kepada guru itu. “Orangtua mempercayakan anak mereka untuk dititipkan ke sekolah, seharusnya kita mendidik siswa itu, agar menjadi lebih baik, bukannya kita menaruh dendam dan memberikan nilai yang jelek kepada siswa,” ungkapnya.
Mantan Wakepsek SMPN 1 Manado ini menyebutkan kalau, guru-guru di SMPN 7 Manado, selalu di warning tentang Undang-Undang perlindungan anak, agar guru tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. “Saya selalu mengingatkan guru, agar bisa mengendalikan emosi jika ada siswa yang melanggar aturan. Lebih baik kita bicarakan secara baik-baik dan kita bina siswa tersebut, agar tidak lagi melanggar aturan. Karena jika kita tidak menjaga emosi, maka akan berhubungan dengan aparat kepolisian,” tegas Kairupan.
Ia menambahkan, saya pribadi sangat menyangkan jika ada guru yang dendam terhadap siswa dan memberikan siswa tersebut nilai rendah dalam ujian. “Dalam Kurikulum 13, guru harus menerapkan pendidikan karakter terhadap siswa,” tandasnya. (otnie tamod)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar