no klik kanan

Rabu, 23 Oktober 2013

Kabupaten Wajo Salut Program Vicky-Ai

UC dan Santunan Duka Jadi Daya Tarik

Hans Tinangon
Manado, KM -
Kebijakan pro rakyat yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dibawah kepemimpinan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Harley AB Mangindaan, seperti program Universal Coverage atau pelayanan kesehatan gratis dan pemberian santunan kematian, ternyata menarik minat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, Propinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Manado Drs Musa Hans Tinangon MSc, kepada Koran Manado mengatakan, instansinya didatangi tim dari Disdukcapil Kabupaten Wajo Rabu (23/10). Mereka salut dengan langkah-langkah yang dilakukan Vicky-Ai, sebutan akrab Walikota dan Wawali Manado, dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan dan santunan duka bagi masyarakat.
“Kedatangan tim dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo tadi (kemarin,red), mereka sangat tertarik dengan program UC dan santunan duka  yang diberikan Pemkot Manado bagi warga kota. Program tersebut akan dicoba untuk diusulkan dilaksanakan di Kabupaten Wajo,”jelas Tinangon.
Menurutnya, dalam pertemuan tersebut, mereka mengatakan jika di Kabupaten Wajo dengan jumlah penduduk hampir sama dengan Manado, semua pelayanan kependudukan seperti pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran dan semua akte kependudukan diberikan secara gratis.
Hanya saja, tambah Tinangon, kesadaran masyarakat untuk mengurus seluruh administrasi kependudukan masih minum. Makanya, mereka mencoba untuk menarik minat masyarakat di Kabupaten Wajo, akan dicoba penerapan UC dan santunan duka dengan memanfaatkan KTP dan KK seperti di Manado.
“Mereka berharap, jika syarat mendapat pelayanan kesehatan dan santunan duka harus memiliki KTP dan KK seperti di Manado, kesadaran masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan akan meningkat. Apalagi, semua pelayanan kependudukan disana gratis,”pungkas Tinangon.(jan torindatu) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar