no klik kanan

Rabu, 06 November 2013

Selangkah Lagi TalSel-Kota Tahuna Terwujud

WAGUB Djouhari Kansil dengan sejumlah tokoh dari  Kabupaten Talaud dan Sangihe.(foto ist)
Kansil Pimpin Rapat Persiapan Bersama Tokoh Nusa Utara
Manado, KM-
Wakil gubernur (Wagub) Sulawesi Utara, Dr Djouhari Kansil yang juga sebagai ketua Peme karan Provinsi Perbata san Kepulauan Nusa Utara (PPKNU), Rabu (06/11), memimpin rapat persiapan calon Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Talaud Selatan (Talsel) dan Kota Tahuna di Nusa Utara, pasca ditetapkan Komisi Dua DPR-RI akhir bulan lalu.
Menurut Kansil, pentingnya dilakukan sosialisasi pada masyarakat, agar ketika Tim Komisi Dua DPR-RI melakukan peninjauan lapangan di Dua calon DOB baru ini, tidak akan mendapat hambatan serius dari masyarakat.
“Karena itu sosialisasi ini perlu terus disampai-sampaikan kepada masyarakat agar mereka bisa memahaminya,” ingatnya.
Hal penting lainnya kata Kansil, menyangkut batas antar daerah yang dimekarkan dengan Induk, peta wilayah yang disahkan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG), serta faktor non tekhnis lainnya.
Dalam pertemuan itu, Ketua DPRD Talaud, Enggel Tatibi dan Ketua DPRD Sangihe, Tanao Jangkobus, mengatakan Talaud dan Sangihe telah menganggarkan di APBD 2014 terkait dengan infrasturktur pemerintahan di dua daerah tersebut.
“Khusus untuk Kabupaten talaud Selatan, kesiapan sudah hampir rampung, baik kantor bupati sementara menggunakan kantor camat lirung dan aula Germita untuk kantor DPRD, penyiapan aparatur, aset termasuk kajian akademik dari lembaga independen, dan peta wilayah pemekaran dari BIG,”jelas Ketua Panpel Talaud Selatan, Adolf Biniling.
“Sedangkan untuk ibu kota kecamatan Tahuna di Tabukan Utara,” tambah Ketua Bappeda Sangihe Ir Harry Kedua.(donal taliwongso)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar